Langsung ke konten utama

kecepatan dan percepatan dalam fisika

kecepatan

kecepatan adalah besaran dalam fisika yang mempunyai satuan meter/sekon, kecepatan dapat diperoleh dari perkalian antara jarak yang ditempuh dengan waktu tempuh, kecepatan dapat dirumuskan sebagai berikut :

V = s/t

dimana v = kecepatan (m/s)
s = jarak tempuh (m)
t = waktu tempuh (sekon)

percepatan

percepatan adalah besaran dalam fisika yang yang mempunyai satuan m/s2, percepatan juga merupakan besaran vektor, artinya besaran yang mempunyai arah. percepatan dapat dirumuskan :

a = v/t

dimana a = percepatan (m/s2)
v = kecepatan (m/s)
t = waktu (sekon)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus. Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia. Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom. [sunting] Hukum Gravitasi Universal Newton Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut: Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan gari